PRAKTIK MEDIASI ONLINE DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA PENGADILAN AGAMA PROVINSI LAMPUNG)

DHIKA, AMAL FATHUL HAKIEM (2022) PRAKTIK MEDIASI ONLINE DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA PENGADILAN AGAMA PROVINSI LAMPUNG). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS_DHIKA AMAL FATHUL HAKIEM_2074130008.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dhika Amal Fathul Hakiem (2074130008) “Praktik Mediasi Online Dalam Penyelesaian Perkara Perceraian Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Pengadilan Agama Provinsi Lampung)”. Program Studi Hukum Keluarga Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Tahun 2022 M/1443 H. 106 halaman + lampiran. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan secara merinci mengenai praktik Mediasi secara Online pada kasus penyelesaian perkara perceraian pada masa pandemi Covid 19 pada Pengadilan Agama Di Provinsi Lampung. Permasalahan utama dalam Tesis ini adalah praktik penyelesaian perkara perceraian yang di mediasi secara online dengan menggunakan aplikasi yang ada di Pengadilan Agama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field research dengan melakukan pengkajian terhadap wawancara para responden, penelitian lapangan dan sumber lain yang berkaitan dengan objek kajian. Setelah data diperoleh, penulis menganalisis secara kualitatif dari data yang diperoleh terhadap objek yang ada. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini secara spesifik lebih bersifat Yuridis�Empiris yang dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan dapat memberikan data yang valid dari objek yang diteliti, dalam hal ini menggambarkan penerapan Peraturan Mahkamah Agung No 1 Tahun 2016 (PERMA) Tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan. Hasil dari penelitian ini adalah menjawab mengenai praktik mediasi yang dilakukan pada masa pandemi covid 19 dan penyelesaian perkara perceraian yang dilakukan mediasinya secara online dan tetap melalui standar operasi pelayanan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kesimpulan yang dapat diambil dalam tesis ini adalah penggunaan aplikasi media telekomunikasi sebagai ruang diskusi dan fasilitas komunikasi privat serta ketersediaan peralatan teknologi yang dapat mendukung komunikasi dengan cara�cara yang baik, karena ada pihak yang bersengketa tidak memiliki smartphone ataupun laptop yang dapat digunakan sebagai media mediasi online, sehingga hal tersebut juga mempengaruhi berhasil atau tidaknya mediasi secara online. Kata Kunci : Mediasi, Praktik Mediasi Online, Mediasi Online

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 07:17
Last Modified: 17 May 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19123

Actions (login required)

View Item View Item