PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI GANDER PESERTA DIDIK

Dwi, Agustina (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI GANDER PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DWI AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI GANDER PESERTA DIDIK Oleh Dwi Agustina Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar peserta didik, dalam proses pembelajaran di kelas XI IPA SMAN 2 Gedong Tataan. Oleh karna itu, penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle untuk meningkatkan motivasi belajar ditinjau dari gander peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 untuk kelas eksperimen dan XI IPA 4 untuk kelas kontrol, pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain post test only control design, metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji T- Independent, dengan memperoleh nilai sig.0,003 > 0,005 maka sesuai dengan kriteria Uji T-Independent berarti H1 diterima, artinya model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran model (IOC) tergolong baik berdasarkan gander perempuan (35%) dan laki-laki (12,5% ). Peserta didik lebih tertarik belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Kata Kunci: Model Inside Outside Circle (IOC), Motivasi Belajar, Gander.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 06:50
Last Modified: 17 May 2022 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item