STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH UNTUK MENARIK MINAT MENABUNG MASYARAKAT MILENIAL

ARIF, SETIAWAN (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH UNTUK MENARIK MINAT MENABUNG MASYARAKAT MILENIAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIF SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Persoalan pemasaran menjadi kendala bagi perbankan syariah.Hal ini berdampak pada rendahnya minat masyarakat terhadap pelayanan perbankan syariah.Minimnya sosialisasi terhadap masyarakat mengakibatkan masyarakat masih cenderung mempercayakan segala aktivitas keuangannya terhadap bank-bank konvensional.Strategi marketing merupakan ujung tombak bagi bank untuk mengenalkan dan memasarkan keunggulan produk�produknya.Di era modern ini strategi dalam memasarkan produk harus dapat lebih menyesuaikan, utamanya kepada masyarakat milenial.Masyarakat saat ini tidak dapat lepas dari dunia digital dan media sosial, hampir semua kegiatannya melibatkan digital.Oleh sebab itu strategi dan konsep-konsep yang diterapkan dalam meningkatkan minat masyarakat juga harus dapat terus dikembangkan agar semua lapisan masyarakat dapat mengenal produk-produk yang ditawarkan dengan lebih mudah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana strategi pemasaran produk dalam upaya peningkatan jumlah nasabah khususnya kaum milenial di bank Sinarmas Syariah?danapa saja kendala-kendala yang di hadapi PT. Bank Sinarmas Syariah dalam menarik minat menabung masyarakat milenial terhadap produk perbankan syariah? Sedangkan tujuan dalam penelitian iniadalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Bank Sinarmas Syariah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk yang dipasarkan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi PT. Bank Sinarmas Syariah dalam menarik minat menabung masyarakat milenial terhadap produk perbankan Syariah. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bersifat penelitian lapangan.Penelitian ini menggunakan sampel sampling purposive.Untuk mendapatkan berbagai data-data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Bank Sinarmas Syariah dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah khususnya kaum milenial meliputi pemilihan lokasi kantor, kualitas dan kuantitas produk, penerapan harga dari penghasilan minimum, pengenalan produk, dan keunggulan kompetitif yang dapat menunjang dalam pemasaran produk.Sedangkan kendala-kendala yang ada di Bank Sinarmas Syariah KC. Lampung faktor yang paling berpengaruh dalam pencapaian target adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang tidak kompeten, jaringan yang rendah, loyalitas nasabah Sinarmas Syariah Lampung, pemasaran dan promosi yang masih kurang, serta kurangnya sosialisai dan edukasi masyarakat. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Bank Sinarmas Syariah, Masyrakat Milenial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2022 03:47
Last Modified: 13 May 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item