PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING

SINTIA, DWIKIS (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Oleh: Sintia Dwikis ABSTRAK Berdasarkan pra penelitian, hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas XI di SMA Negeri 3 Bandar Lampung menunjukan bahwa nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik rendah sebab dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah peserta didik tersebut hanya mampu untuk memahami masalah saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari self-regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Bandar Lampung dengan jumlah populasi 214 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Two Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dari uji hipotesis, nilai sig. (tidak signifikan) yang berarti ditolak karena < 0,05 maka dari itu, dilihat dari rerata marginal dimana kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,09091 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rerata sebesar 57,57576. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari self-regulated learning. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Edmodo, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Regulated Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2022 03:19
Last Modified: 13 May 2022 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item View Item