Praptama, Bagus (2017) PENANAMAN AKHLAK SANTRI DI TPA AN-NUR PERUM PULAU SINGKEP TAMAN ASRI SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pada hakekatnya anak adalah amanat Allah SWT yang dipercayakan kepada setiap orang tua. Oleh karena itu, wajib bagi orang tua untuk mengemban amanat tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab, salah satunya dengan cara mengasuh dan mendidik anak-anak dengan baik dan benar. Pendidikan anak-anak sejak kecil harus mendapat perhatian terutama dalam pendidikan akhlak agar anak mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman dan tumbuh dewasa menjadi generasi yang soleh dan solekhah. Untuk melaksanakan pendidikan ini tidak hanya terletak pada lembaga formal (sekolah) tapi terutama keluarga dan juga lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan masyarakat, misalnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nuur Perum Pulau Singkep Taman Asri dalam penanaman akhlak anak?, (2) Faktor-faktor apakah yag mempengaruhi penanaman akhlak yang dilaksanakan di TPA? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam menanamkan akhlak kepada anak serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam penanaman akhlak tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nuur Perum Pulau Singkep Taman Asri Sukabumi Bandar Lampung. Fokus dalam penelitian ini adalah Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam melaksanakan penanaman akhlak anak serta faktor pendorong dan penghambat penanaman. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Pengasuh / Ustadz dan santri TPA An-Nuur, orang tua santri dan tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan TPA dalam penanaman akhlak anak dilakukan melalui bimbingan keagamaan yang terkait dengan penyampaian materi pelajaran, penggunaan metode, dan pelaksanaan kegiatan. Faktor pendorong penanaman akhlak di TPA An-Nuur terdiri dari kemampuan pendidik yang memiliki kemampuan gama yang tinggi, memiliki buku-buku Islam, dukungan orang tua, motivasi anak untuk mengikuti TPA, dan lingkungan masyarakat yang menyambut gembira keberadaan TPA. Sedangkan faktor penghambat penanaman akhlak yakniketerbatasan tenaga pengajar sarana dan prasana yang kurang memadai, dan tata administrasi TPA masih kurang memadai. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini yaitu bagi TPA hendaknya menguasai manajemen penyelenggaraan TPA dengan baik, penyuluhan yang dilakukan TPA kepada masyarakat hendaknya untuk lebih ditingkatkan lagi. Bagi orang tua santri dan masyarakat hendaknya terus meningkatkan dukungan terhadap keberadaan TPA baik dukungan material maupun spirituil. Bagi anak/santri hendaknya mengikuti penanaman dengan sungguh-sungguh dan rajin serta membantu kelancaran penanaman dengan cara menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan di TPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 07:15 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 07:15 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/191 |
Actions (login required)
View Item |