STRATEGI KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPEMIMPINAN GENERASI MUDA (Studi Kasus Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

MUHAMMAD, MALIK RIZKY SAUDA (2022) STRATEGI KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPEMIMPINAN GENERASI MUDA (Studi Kasus Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Kepala Desa Dalam Membangun Karakter Kepemimpinan Generasi Muda (Studi Kasus Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan) Oleh: Muhammad Malik Rizky Sauda Sempat berhentinya organisasi kepemudaan menjadi masalah pada ini karena generasi muda tidak memiliki wadah untuk menyalurkan bakat atau membangun karakter kepemimpinan didalam diri mereka lalu kurangnya evaluasi lanjutan oleh Kepala Desa wadah generasi muda sempat berhenti dan tidak memiliki tempat untuk membangun karakter kepemimpinan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan Kepala Desa dalam membangun karakter kepemimpinan generasi muda Jenis penelitian ini yaitu “Field Research” atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sudah adanya strategi yang dilakukan oleh Kepala Desa seperti, mengaktifikan kembali organisasi kepemudaan, mengadakan kegiatan pada karang taruna, dan memberikan motivasi kepada generasi muda yang terlibat dengan pidana. Hal ini seharusnya sudah menjadi langkah baik yang dilakukan oleh Kepala Desa mengingat sebelumnya organisasi kepemudaan didalam desa ini sempat berhenti yang menyebabkan tidak adanya wadah bagi geneasi muda untuk membangun karakter kepemimpinan mereka, namun sepertinya hal itu belum cukup karena masih kurang meratanya pemberian motivasi pada generasi muda dan kurang peka nya pada generasi muda sehingga masih adanya generasi muda yang terjerumus kejalan yang salah seperti, merokok disekolah, mabuk-mabukan, dan pelecehan seksual. Adapun hambatan bagi Kepala Desa dalam membangun karakter kepemimpinan pada generasi muda yaitu masih cukup banyaknya warga desa yang status Kartu Keluarga luar desa menyebabkan sulitnya Kepala Desa untuk mendata generasi muda dan sulitnya untuk menerima masukan atau tidak mau berubah pada generasi muda sehingga Kepala Desa merasa kesulitan dan sangat butuh waktu yang lama untuk membangun karakter kepemimpinan didalam diri generasi muda pada desa ini. Kata kunci: Kepala Desa, Kepemimpinan, Generasi Muda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2022 04:25
Last Modified: 11 May 2022 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19078

Actions (login required)

View Item View Item