PENGARUH EKSTRAK DAUN BUNGA PUKUL EMPAT (Mirabilis jalapa) TERHADAP JUMLAH SPERMATOZOA PADA MENCIT (Mus musculus) JANTAN

M.A.R Ibrahim, Izzah Alhafidz Nur Abdullah (2022) PENGARUH EKSTRAK DAUN BUNGA PUKUL EMPAT (Mirabilis jalapa) TERHADAP JUMLAH SPERMATOZOA PADA MENCIT (Mus musculus) JANTAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS M.A.R. IBRAHIM IZZAH A.N.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  M.A.R. IBRAHIM IZZAH A.N.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH EKSTRAK DAUN BUNGA PUKUL EMPAT (Mirabilis jalapa)TERHADAP JUMLAH SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus) JANTAN Oleh M.A.R Ibrahim Izzah Alhafidz Nur Abdullah Indonesia merupakan sebuah negara dengan urutan keempat dengan jumlah penduduk terbesar. Jumlah penduduk Indonesia di tahun 2019 diproyeksikan sebesar 267 juta jiwa (Bappenas 2019) Pesatnya pertumbuhan penduduk yang meningkat akan menyebabkan pemerintah menghadapi kesulitan dalam menyediakan kebutuhan dasar penduduk seperti sandang, pangan, papan dan pekerjaan serta pendapatan rakyat. Menurut Lembaga Pemerintah Non kementrian melalui BKKBN mengatasi dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan mengeluarkan Program Keluarga Berencana (KB). Pelayanan KB hampir semuanya ditujukan untuk wanita dan memberikan sedikit perhatian dalam penggunaan kontrasepsi bagi pria yang efektif dan konsisten. Terlebih lagi program KB yang ditunjukan oleh keluarga untuk kemasalahatan keluarganya agar menjadi keluarga kecil bahagia dan sejahtera Salah Satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai antifertilitas adalah Bunga pukul empat termasuk kedalam anggota familia Nyctaginaceae, ordo Cenrospermae. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di daerah tanah yang cukup mengandung unsur hara dan terlindungi dari sinar matahari. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yaitu saponin, lavonoda, alkaloid, tannin, politenol, dan flavonoida. Pemanfaatan bunga pukul empat sebagai obat antifertilitas pada mencit merupakan solusi untuk melestarikan tumbuhan Mirabilis jalapa atau bunga pukul empat sehingga memperkaya manfaat tumbuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun bunga pukul empat terhadap jumlah spermatozoa pada mencit jantan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperemental dengan menggunakan teknik Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 kelompok perlakuan. Perlakuan kelompok yang tidak diberi perlakuan K1 : mencit yang diberi perlakuan ekstrak daun bunga pukul empat dengan dosis 100mg/gBB/hari P1 : mencit yang diberi perlakuan ekstrak daun bunga pukul empat dengan dosis 200mg/gBB/hari, P2 : mencit yang diberi perlakuan ekstrak daun bunga pukul empat dengan dosis 300mg/gBB/hari, P3: Parameter yang diamati dalam penelitian ini iii yaitu jumlah spermatozoa mencit jantan. Mencit jantan (Mus musculus) yang diinduksi daun bunga pukul empat menunjukan terjadinya penurunan jumlah spermatozoa. Seiring besarnya dosis yang diberikan maka akan semakin turun jumlah spermatozoanya Kata Kunci : Ekstrak Daun Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa), Jumlah Spermatozoa, Mencit Jantan (Mus Musculus)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2022 05:31
Last Modified: 10 May 2022 05:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19072

Actions (login required)

View Item View Item