ANALISIS PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI MENGENAI KONSEP ETIKA DALAM BISNIS (Studi Pada Kitab Ihya’ Ulumuddin)

Jonizar, Liantoni (2022) ANALISIS PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI MENGENAI KONSEP ETIKA DALAM BISNIS (Studi Pada Kitab Ihya’ Ulumuddin). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI  JONIZAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perdagangan bebas sebagai dampak dari globalisasi menyebabkan para pelaku ekonomi jelas akan semakin berpacu agar terwujudnya suatu tatanan perekonomian yang saling menguntungkan. Namun perlu dipertanyakan bagaimana jadinya jika pelaku bisnis dihinggapi kehendak saling menindas agar memperoleh tingkat keuntungan yang berlipat ganda. Dengan kondisi seperti ini, ekonomi Islam mengajarkan kepada para pelaku ekonomi untuk memperhatikan batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan dan cara�cara berbisnis dengan benar sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Seperti yang telah diungkapkan oleh Imam Al-Ghazali tentang konsep etika bisnis dalam karya fenomenalnya kitab Ihya Ulumuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Imam al-Ghazali mengenai konsep etika bisnis dalam kitab Ihya’ Ulumuddin. Dan untuk mengetahui relevansi pemikiran Imam Al�Ghazali mengenai konsep etika bisnis dalam kitab Ihya’ Ulumudin pada zaman sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari Kitab Ihya Ulumuddin dan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan artikel yang mendukung penelitian ini. Dalam penelitian ini teknis analisis yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis) yakni untuk menganalisis pemikiran Imam al-Ghazali terkait etika bisnis Islam. Kemudian mengumpulkannya secara induktif untuk diambil kesimpulan bagaimana konsep etika dalam berbisnis dalam pemikiran Imam Al�Ghazali pada kitab Ihya Ulumuddin. Semua data yang terkumpul dipaparkan secara deskriptif analitis, yaitu menampilkan pemecahan masalah yang ada dan dianalisa dengan mendalam. Sekaligus analisis kritis sejauh mana urgensi pemikiran Imam Al-Ghazali terkait etika dalam bisnis di jaman sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin mengutamakan etika/moralitas yang baik dalam melakukan transaksi perdagangan (bisnis). Etika-etika bisnis menurut al-Ghazali dirangkum dalam tujuh poin dan nyaris tidak ada yang tidak relevan dengan dunia bisnis modern. Kata kunci : Etika Bisnis, Imam al-Ghazali ABSTRACT Free trade as the impact of globalization leads its practitioners to rush towards turning an economic system that would benefit each other into a reality. However, the question that should be asked is what would happen if the businessmen’s minds is filled with mal intentions to double their profit? With this kind of situation, the Islamic economy teaches its practitioners to consider some sets of rules and prohibitions in doing business and ways to do commerce rightfully in Islamic ways so no one will be aggrieved in the process. This kind of business and commerce ethics is written in the book Ihya Ulumuddin by Imam Al-Ghazali. This research is a means to dive deeper into Imam Al-Ghazali’s mind and understand more about his concept of business ethics. This is also done to find out about the relevance of Imam Ghazali’s ideas to nowadays world. This library research is qualitative descriptive in nature. The data collection technic used in this research is documentation with primary and secondary data as the main sources. The primary source is acquired from the book Ihya Ulumuddin and the secondary source is acquired from other relevant books, journals, and articles which will help this research. The content analysis technic will be employed to analyze the mind of Imam Al-Ghazali in his book Ihya Ulumuddin. All the collected data will be presented in a descriptive-analytical way which will show the existing problem solving and be thoroughly analyzed. This includes critical analysis on how far the urgency of Imam Al-Ghazali’s ideas is to nowadays business ethics. The result of this research shows that business ethics according to Al-Ghazali in his book Ihya Ulumuddin focuses on the moral ethics of commerce. The set of ethics is summarized into seven main points and all of those points are still relevant to modern business practice. Keywords: business ethics, Imam Al-Ghazali

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:18
Last Modified: 27 Apr 2022 02:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19028

Actions (login required)

View Item View Item