PENGARUH BIAYA PRODUKSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PADA PETANI BUAH SEMANGKA DESA PURBOSEMBODO KECAMATAN METRO KIBANG)

Doni, Indrawan (2022) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PADA PETANI BUAH SEMANGKA DESA PURBOSEMBODO KECAMATAN METRO KIBANG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DONI INDRAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Keberlangsungan suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan petani memiliki faktor utama, yaitu biaya produksi seperti biaya operasional, biaya langsung dan tidak langsung serta hasil panen tidak maksimal. Buah semangka merupakan buah-buahan yang kini berkembang sebagai komoditas buah yang banyak dibudidayakan oleh para petani karena dapat memberikan keuntungan besar. Permasalahan yang dihadapi petani semangka sering terjadi pada saat masa tanam tiba, salah satunya seperti meningkatnya biaya-biaya produksi pada penggunaan obat untuk mengurangi hama, pengunaan pupuk yang lebih banyak dari sebelumnya akibat berkurangnya kesuburan tanah, dan lain sebagainya yang mengakibatkan kenaikan biaya produksi. Jika biaya produksi yang dikeluarkan lebih besar dari pada pendapatan maka petani akan mengalami kerugian, tetapi jika biaya prouksi lebih kecil dari pendapatan maka petani akan mengalami keuntungan. Dari latar belakang tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah biaya produksi berpengaruh terhadap pendapatan petani buah semangka desa purbosembodo kecamatan metro kibang lampung timur ? dan bagaimana aktivitas biaya produksi terhadap pendapatan petani menurut perspektif islam ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh biaya produksi terhadap pendapatan petani buah semangka. (2) untuk mengetahui aktivitas biaya produksi terhadap pendapatan petani menurut perspektif islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, Sifat penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa angket (kuesioner) dan data sekunder berupa studi kepustakaan dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini yaitu petani semangka di Desa Purbosembodo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Ttimur, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 33 petani. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan. (2) Aktivitas produksi dalam perspektif Islam tidak hanya berorientasi untuk memperoleh keuntungan/pendapatan yang sebanyak-banyaknya, akan tetapi berorientasi pada kemaslahatan induvidu dan masyarakat secara berimbang. Kata kunci : Biaya Produksi, Pendapatan, Perspektif Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:30
Last Modified: 26 Apr 2022 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item