ANALISIS PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku Usaha Keripik Pisang Di Jalan Pagar Alam Kota Bandar Lampung)

Desi, Puspitasari (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku Usaha Keripik Pisang Di Jalan Pagar Alam Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI PUSPITASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi nasional maupun daerah. Peluang besar yang dimiliki oleh sekt or UMKM ini terbilang sangat besar dan UMKM mampu bertahan, bahkan jumlahnya meningkat sangat pesat. UMKM pun menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan yang mampu merantas kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah Bagaimana pola pengembangan kewirausahaan pelaku usaha yang memanfaatkan kemasifan internet di Jalan Pagar Alam Kota Bandar Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pengembangan kewirausahaan pelaku usaha yang memanfaatkan kemasifan internet di Jalan Pagar Alam Kota Bandar Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa implementasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Pola Pengembangan Kewirausahaan oleh pelaku keripik pisang masih sangat tertinggal. Dari 32 UMKM yang sudah betul-betul memanfaatkan kemasifan internet hanyalah 10 UMKM. 22 UMKM tersisa masih dalam tahap pengembangan, namun dalam ketertinggalannya mereka sangat berniat dan berusaha untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik lagi dari pada sekarang. Pandangan Ekonomi Islam tentang pola pengembangan kewirausahaan oleh pelaku usaha secara keseluruhan dan pengembangan implementasi revolusi industri 4.0 dalam memanfaatkan kemasifan internet yang dilakukan UMKM keripik pisang dalam perspektif Ekonomi Islam sudah cukup baik. Hal ini dikarenakan para pelaku usaha sudah menerapkan prinsip yang sesuai dengan ajaran Islam yaitu keadilan dan menghindari proses produksi yang diharamkan dalam Islam. Kata Kunci : Revolusi Industri 4.0, Kewirausahaan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:27
Last Modified: 26 Apr 2022 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item View Item