IMPLEMENTASI METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DIKelas XI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG

FITRIYANTI, Rasman (2022) IMPLEMENTASI METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DIKelas XI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN, BAB 1, BAB 2, BAB 5 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI fitriyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DIKelas XI SMA N 12 Bandar Lampung Oleh : FitriYanti Latar belakang penelitian ini adalah bahwa metakognitif memiliki perananyang sangat penting untuk dimiliki setiap siswa dalam membantu proses perkembangan kogniti fserta dalam mencapai keberhasilan belajarnya .Dalam kenyataannya guru PAI sebagai perancang kegiatan belajar belum memahami secara terstruktur apa itu metakognitif. Masih banyak pendidik PAI yang kurang memahami bagaimana cara mengetahui metakognitif pada peserta didiknya.Padahal untuk menghasilkan generasi yang berkualitas dan mencapai suatu tujuan pendidikan menbutuhkan komponen�komponen yang saling berkaitan dan saling mendukung.Salah satu dimensi pengetahuan yang harus tercapai dalam Kurikulum 2013 adalah metakognitif. Kemampuan metakognitif akan mengarahkan siswa untuk berfikir secara independen, optimal dan kritis. Dengan penelitian ini diharapkan dapat ditemukan kemampuan metakognisi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kurikulum 2013. Oleh karena itu pembelajaran pendidikan agama Islam haruslah didukung dengan metode yang memadai agar kemampuan metakognisi siswa dapat ditemukan dan dikembangkan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA N 12 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru PAI,serta peserta didik SMA N 12 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis,wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 10 siswa yang terdiri dari masing-masing siswa berkemampuan PAI tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan nilai UTS PAI dan rekomendasi dari guru. Hasil tes tersebut selanjutnya digunakan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa. Teknik analisis data pada penelitian iii ini dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Metakognitif peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasiskurikulum 2013 terbilang cukup baik dan masih perlu kembangkan melalui bantuan danbimbingan guru PAI. Peserta didik menyadari dan mengorganisasikan pemikiran dalam belajarnya, namun belum sepenuhnya mampu menilai pencapaian tujuandan mengevaluasi prosedur yang digunakan.1) kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan PAI tinggi berada pada tingkat 4 yaitu Reflective Use. 2) kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan PAI sedang berada pada tingkat 3 yaitu Strategic Use. 3) kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan PAI rendah berada pada tingkat 2 yaitu AwareUse. Kata Kunci : Metakognitif, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:41
Last Modified: 26 Apr 2022 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item View Item