ANALISIS MEKANISME KERJA SAMA BAGI HASIL PERTANIAN ANTARA PEMILIK MODAL DAN PEKERJA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA NEGARA BATIN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Padi Desa Negara Batin Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur)

KARTINI, KARTINI (2022) ANALISIS MEKANISME KERJA SAMA BAGI HASIL PERTANIAN ANTARA PEMILIK MODAL DAN PEKERJA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA NEGARA BATIN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Padi Desa Negara Batin Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI KARTINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perjanjian bagi hasil adalah perjanjian dengan nama apapun juga yang di adakan antara pemilik pada suatu pihak yang disebut penggarap, berdasarkan perjanjian mana penggarap diperkenankan oleh pemilik tersebut untuk menyelenggarakan usaha pertanian diatas tanah pemilik, dengan pembagiannya antara kedua belah pihak. Pendapatan masyarakat di desa negara batin merupakan mayoritas masyarakatnya bermata pencarian sebagai petani dan banyak masyarakat yang menggarap sawah yang bukan milik pribadi demi mencukupi kebutuhan keluarga dan menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat. Pendapatan masyarakat sendiri berasal dari kerja sama dalam menggarap sawah yang pendapatan dari hasil panen sawah dibagi sesuai dengan kesepakatan di awal. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan mekanisme dalam pelaksanaan sistem bagi hasil antara pemilik modal dan pekerja terhadap pendapatan masyarakat di desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur?Dan Bagaimana sistem bagi hasil tersebut dalam perspektif ekonomi Islam? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan mekanisme dalam pelaksanaan sistem bagi hasil antara pemilik modal dan pekerja terhadap pendapatan masyarakat di desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur?dan untuk mengetahui sistem bagi hasil tersebut dalam perspektif ekonomi Islam?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersikaf deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan data yang dikumpkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa hasil panen dan penjualan hasil panen yang diperoleh petani di Desa Negara batin dapat membantu atau memberikan sumbangsi terhadappenghasilan yang mereka terima selama ini, dan sangat berperan dalampendepatan msyarakat Desa Negara Batin, hasil panen tersebut memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat yang bekerja sebagai petanipenggarap. Dan berdasarkan dari hasil penelitianbahwa meskipun sistem-sistem bagi hasil yang dilakukan olehmasyarakat desa Negara Batin. bermacam-macam tapi sistem ini sama dengansistem mukhabarah yaitu sistem bagi hasil yang di ajurkan agama Islam. Meskipunsistem bagi hasilyang diajurkan agama Islam tidak persis sama dengan yangdilakukan,dari segi manfaat yang tujuan yang ingin dicapai bersama,sistem bagi hasilyang dilakukan masyarakat desa Negara Batin namun jika dilihat dari cara-cara yangdilakukan masyarakat desa Negara Batin sesuai dengan sistem bagi hasil yang dianjurkan agama islam .Namun yang perlu diketahui adalah bentuksistem bagi hasil yang ada sangat terguntung dari kesepakatan itulah bentuksistem bagi hasil yang akan dilaksanakan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:35
Last Modified: 25 Apr 2022 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

View Item View Item