PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIKKELAS IV SDN 1 DATARAJAN ULUBELU TANGGAMUS

Rika, Astuti (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIKKELAS IV SDN 1 DATARAJAN ULUBELU TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan setrategi peta konsep pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN 1 Datarajan Ulubelu Tanggamus. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN I Datarajan ulubelu tanggamus dalam mata pelajaran tematik kelas IV SDN 1 Datarajan ulubelu tanggamus hal ini dapat dilihat dari hasil prasurvey pada tanggal 27 agustus 2021. Pada penilaian prasurvey dari 27 peserta didik hanya 12 peserta didik (45%) yang mencapai nilaik KKM. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkam hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Airabang ulubelu Tanggamus dengan menggunakan strategi peta konsep. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV SDN 1 Datarajan Ulubelu Tanggamus yang berjumlah 27 peserta didik. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Peta konsep dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari free test menunjukkan bahwa didik terdapat terdapat 55% peserta didik yang tidak tuntas dan hanya erta 45% yang tuntas. Selanjutnya pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 76,395% peserta didik yang tuntas. Kemudian pada siklus II ketuntasan siswa mengalami peningkatan menjadi 84,938% peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Tematik SDN I Datarajan Ulubelu Tanggamus. Kata kunci: Hasil belajar, strategi peta konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:01
Last Modified: 25 Apr 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item