ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 SUNGKAI UTARA

YURISA, PUSPA RAHMANIA (2022) ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 SUNGKAI UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1& BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YURISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada abad ke-21 telah terjadi berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang menyebar secara cepat dan luas dalam setiap bagian kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan, menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan pembelajaran agar tercapainya tujuan dari pembelajaran. Guru dituntut untuk dapat menyeimbangkan perkembangan teknologi yang begitu pesat, terlebih setelah covid�19 melanda Indonesia mulai bulan Maret tahun 2020 Pemerintah menetapkan proses pembelajarn dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Sehingga pada saat ini teknologi berperan sangat penting dalam proses pembelajaran dengan menggunanakan beberapa aplikasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Sungkai Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahap pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sungkai sudah tepat, tetapi guru mata pelajaran PAI ini juga masih dalam tahap belajar dalam menggunakan aplikasi google classrom dalam proses pembelajaran. Guru telah mempersiapkan materi yang akan diajarkan kepada siswa, guru memberitahu terlebih dahulu materi yang diajarakan di grup whatsaap yang dilanjutkan dengan pemberian materi di aplikasi google classroom. Akan tetapi masih banyak pula siswa yang telat dalam mengumpulkan tugas di google classroom hal ini lah yang menunjukkan bahwa kesiapan siswa masih kurang. (2) Tahap evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sungkai Utara menggunakan 3 aspek penilaian, yaitu penilaian kognitif (pengetahuan) dinilai dari penguasaan materi, penilain afektif (sikap) dinilai dari kesopan siswa saat menjawab pertanyaan guru dan ketika memberikan tanggapan kepada guru, penilain psikomotorik yaitu melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Google Classroom, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:26
Last Modified: 21 Apr 2022 05:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item