PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

RADIN, AYU PUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI RADIN AYU PUTRI.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali suatu permasalahan matematika berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP N 3 Tulang Bawang Tengah masih rendah, hal ini disebabkan kurang bervariasi proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis Concept Attainment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis Concept Attainment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design dengan penelitian factorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMP N 3 Tulang Bawang Tengah, dengan teknik acak kelas didapat sampelnya yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket gaya belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dua variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisi variansi dua jalan sel tak sama diperoleh ditolak dan diterima dan diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis Concept Attainment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis Concept Attainment dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis Concept Attainment, Gaya Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:53
Last Modified: 21 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

View Item View Item