IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 PESISIR BARAT

Surya, Utama (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi_Surya Utama.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pembelajaran dalam sebuah lembaga pendidikan berperan sangat penting, dengan kualitas pembelajaran yang baik akan terciptanya sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan untuk memenuhi tujuan pendidikan hingga mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan. Agar manajemen mutu pembelajaran dapat berhasil maka memerlukan suatu konsep, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian yang dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen mutu pembelajaran di MAN 1 Peissir Barat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian mendeskripsikan, menceritakan dan menginterpretasikan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dalam bentuk tertulis/lisan, dan Perilaku dan data yang dapat diamati adalah pernyataan. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang didapat di analisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. uji keabsahan dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian temtang Implementasi manajemen mutu pembelajaran di MAN 1 Pesisir Barat menunjukkan bahwa proses prencana Pembelajaran di MAN 1 Pesisir Barat telah terlaksana dengan baik, ini karena format prencanana studi atau RPP, silabus dan perangkat perencanaan studi lainnya telah tersedia. Dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup tenaga pendidik melaksanakannya dengan baik, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa pada saat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan pentutup sudah sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di RPP yang sudah dipersiapkan sehingga pada saat proses pembelajran berlangsung menjadi efektif dan efisien. Sedangkan untuk evaluasi/penilaian hasil pembelajaran juga sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator Manajemen Mutu pembelajaran dari teori rusman. Kata Kunci : Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:23
Last Modified: 21 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18922

Actions (login required)

View Item View Item