RESI, AMELIA (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIKDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIKDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD MUHAMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG OLEH : RESI AMELIA Berdasarkan permasalahan di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung diperoleh data yakni: pendidik sudah menguasai kompetensi pedagogik sesuai dengan indikator-indikator kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS. Namun masih belum maksimal dan optimal, hal ini tentu saja berpengaruh dalam proses pembelajaran IPS yang ada di kelas V, dimana peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar. Pendidik merupakan creator utama karena pendidik merupakan contoh yang fakta atau nyata bagi peserta didik. Untuk itu seorang pendidik harus memiliki kepribadian menguasai bahan ajar dan menguasai cara-cara mengajar sebagai kompetensinya. Kompetensi mengajar harus dimiliki oleh seorang pendidik yang merupakan kecakapan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana kompetensi Pedagogik Pendidik dalam pembelajaran IPS Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Dimana subjek dari penelitian adalah pendidikk kelas V SD Muhamadiyah 1 Bandar Lampung. Adapun proses dalam pengumpulan datanya merupakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. yaitu pengambilan datanya peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke tempat lokasi, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan gambaran penilaian secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang kompetensi pedagogik pendidik dalam pembelajaran IPS, melalui beberapa indikator yakni indikator mengenal karakter peserta didik, menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, dan komunikasi dengan peserta didik dapat dikuasai dengan sangat baik oleh pendidik kelas V SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Sedangkan pada indikator pengembangan potensi peesrta didik dan Penilaian masih perlu ditingkatkan kembali agar sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 04:41 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 04:41 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18912 |
Actions (login required)
View Item |