IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 MULANG MAYA, KOTABUMI LAMPUNG UTARA

MAYA, MELISYA (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 MULANG MAYA, KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full maya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi tentang model pembelajaran cooperative learning tipe peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan Metode Kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti adalah instrumen kunci, teknik pengumpulan data, data hasil penelitian dapat diketahui secara jelas dari analisis Deskriptif berupa kata-kata secara tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang akan diamati. Penelitian ini mengacu pada model pembelajaran Cooperative learning. Subjek penelitian yang dilakukan di SD N 2 Mulang Maya adalah Kepala sekolah, wali kelas V, dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD ini layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi dan menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. Karena dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD ini akan memacu peserta didik untuk ikut aktif belajar dan hal ini menjadi penanda yang baik karena pada dasarnya subjek belajar yakni peserta didik itu sendiri. terlebih lagi pada saat proses pembelajaran sangat menekankan pada peserta didik untuk mampu menganalisis, berpikir kritis, disertai dengan memiliki sikap kreatif dalam mengelaborasikan dan mengeksplor masalah-masalah yang berkaitan dengan suatu praktik langsung, dengan demikian pembelajaran IPA tidak hanya mampu memahami teori saja tetapi mampu mengeksperimenkannya sesaui dengan prosedur ilmiah dan ilmu sains. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Students Team Achievement Division)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:06
Last Modified: 20 Apr 2022 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item