PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA BEAT DI MODERASI CITRA MEREK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Beat di Kota Bandar Lampung)

WAHYUDIN, SIDIK (2022) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA BEAT DI MODERASI CITRA MEREK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Beat di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WAHYUDIN SIDIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor Honda Beat di Moderasi citra merek dalam perspketif Bisnis Islam, didalam penelitian ini terdapat beberapa permasalah seperti hasil penelitian yang tidak konsisten ada yang mendukung dan tidak mendukung bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, penulis juga melakukan survei secara online mengenai permasalah apa saja yang dialami saat menggunakan motor Honda Beat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebar kuesioner secara online melalui google form kepada pengguna motor Honda Beat yang tinggal di Bandar Lampung sebagai populasi. Penelitian ini menggunakan sampel non probability sampling, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, 97 adalah jumlah responden ditentukan menggunakan rumus unknwon populations, serta menggunakan SmartPLS sebagai pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Moderasi citra merek memperlemah hubungan antara harga dan keputusan pembelian, sedangkan moderasi citra merek memperkuat hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian. Dalam perspektif bisnis Islam, harga Honda Beat sesuai dengan pendapatan konsumen, Honda Beat juga terus menjaga kepercayaan konsumen dengan benar-benar memberikan kualitas produk yang dijanjikan, keputusan pembelian Honda Beat sesuai dengan nilai-nilai Islam, citra merek yang dibangun oleh Honda Beat juga telah sesuai dengan ajaran Islam, yaitu dengan tidak menjiplak, meniru, atau memalsukan merek. Kata kunci: harga, kualitas produk, keputusan pembelian, citra merek ABSTRACT The purpose of this study is to see if price and product quality have an impact on purchasing decisions for Honda Beat bikes in the context of brand image moderation in Islamic business. There are several issues with this study, including inconsistent research results, those who support and those who do not support that price and product quality affect purchasing decisions, and the author also conducted an online survey about what problems people had when using a Honda Beat. This research takes a quantitative approach. The data was gathered through the distribution of online surveys via Google Form to Honda Beat motorbike owners in Bandar Lampung. This study employs non probability sampling with a purposive sampling strategy, with a total of 97 respondents calculated using the formula for unknown populations and SmartPLS as the data processor. The findings revealed that pricing and product quality variables influenced purchasing decisions in a positive and significant way. The association between price and purchase decisions is weakened by brand image moderation, whereas the relationship between product quality and purchase decisions is strengthened. In terms of Islamic business, Honda Beat's price corresponds to consumer income; Honda Beat also maintains consumer confidence by consistently delivering the promised product quality; Honda Beat's purchasing decision is consistent with Islamic ideals; and Honda Beat's brand image has improved. Following Islamic beliefs, avoid plagiarizing, copying, or misrepresenting brands. Keywords: price, product quality, buying decision, brand image

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:22
Last Modified: 19 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18868

Actions (login required)

View Item View Item