PENGARUH PENGUPAHAN TENAGA KERJA HOME INDUSTRY JAYA BAKERY TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada CV. Jaya Bakery di Bandar Lampung)

RISA, ANJANI (2022) PENGARUH PENGUPAHAN TENAGA KERJA HOME INDUSTRY JAYA BAKERY TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada CV. Jaya Bakery di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISA ANJANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ii CV. Jaya Bakery merupakan produsen aneka roti dan kue yang banyak digemari oleh masyarakat khususnya di Provinsi Lampung. Permasalahan dalam hal pengupahan khususnya bagi karyawan CV. Jaya Bakery belum cukup, hal ini dikarenakan tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, dalam menjalankan kegiatan usaha CV. Jaya Bakery, perusahaan meningkatkan kinerja karyawannya untuk bekerja secara maksimal. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya pemberian pelatihan, pemberian upah, pemberian penghargaan dan lain sebagainya. Rumusan dalam Penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pengupahan tenaga kerja Home Industry Jaya Bakery terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga dan bagaimana tinjauan dalam Islam tentang pengupahan tenaga kerja Home Industry Jaya Bakery terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengupahan tenaga kerja Home Industry Jaya Bakery terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga pada CV Jaya Bakery di Bandar Lampung, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengupahan tenaga kerja terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga CV Jaya Bakery dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Adapun populasi dan sampel pada Penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posititf dan signifikan antara pengupahan tenaga kerja home industry Jaya Bakery terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga. Pengupahan tenaga kerja home industry Jaya Bakery terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga pada CV Jaya Bakery menurut perspektif ekonomi Islam untuk keseluruhan karyawan telah mengikuti nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam. Kata Kunci : Pengupahan Tenaga Kerja, Peningkatan Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:40
Last Modified: 18 Apr 2022 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18861

Actions (login required)

View Item View Item