Sella, Afrilia (2022) PENERAPAN E-MODUL FLIP BOOK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pandemi covid-19 merupakan duka bagi dunia, wabah yang memberikan dampak bagi berbagai sektor kegiatan tanpa terkecuali pendidikan. Pandemi yang juga melanda Indonesia memberika dampak bagi kegiatan belajar mengajar. Demi memutus mata rantai penyebaran virus maka kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan sistem jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh sungguh membuat kegiatan belajar mengajar tidak efektif bagi peserta didik Sekolah Dasar terutama dalam pembelajaran IPA yang memang membutuhkan peran langsung dari peserta didik. Oleh sebab itu diperlukannya media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam melakukan KBM jarak jauh. Salah satu media yang dapat digunakan adalah e-modul. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan apakah Penerapan E-Modul Flip Book Berbasis Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam melakukan penelitian PTK peneliti menggunakan 3 siklus untuk mencapai indikator keberhasilan. subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A MIN 5 Bandar Lampung. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan E-Modul Flip Book Berbasis Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Hal tersebut dibuktikan dari capaian indikator keberhasilan dalam penelitian ini dapat dicapai setelah dilakukannya 3 siklus. Siklus I peserta didik yang mampu mencapai KKM hanya 4 orang dari 27 orang peserta didik, siklus II peserta didik yang mampu mencapai KKM hanya 17 orang dari 27 orang peserta didik terjadi peningkatan sebanyak 13 orang kemudian di siklus terakhir yakni skilus III peserta didik yang mampu mencapai KKM sebanyak 25 orang dari 27 orang peserta didik hanya tersisa 2 orang yang belum mampu mencapai KKM pada siklus terakhir. Namun demikian secara menyeluruh pada siklus III indikator keberhasilan telah diperoleh, sehingga penelitian ini selesai pada siklus ke III. Kata Kunci : E-Modul, Flipbook, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:57 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:57 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18823 |
Actions (login required)
View Item |