PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING�PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF AWARENESS PESERTA DIDIK

LUTHVIA, ZAHRA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING�PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF AWARENESS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI  LUTHVIA ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING�PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF AWARENESS PESERTA DIDIK Oleh Luthvia Zahra 1711050066 Sekolah merupakan sarana dalam proses pembelajaran, terdapat berbagai masalah yang terjadi dalam setiap proses pembelajaran terutama matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP Negeri 32 Bandar Lampung masih rendah. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran. Model pembelajaran probing-prompting yang diduga mampu membuat kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik menjadi lebih baik ditinjau dari self awareness peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis yang ditinjau dari self awareness peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas. kelas VIII 10 sebagai kelas ekperimen dengan penerapan model pembelajaran probing-prompting dan kelas VIII 9 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional/ langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis dan untuk mengukur self awareness menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua arah. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan . Dari hasil analisi yang diperoleh. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing-prompting terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. (2) Tidak dapat pengaruh self awareness terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Probing-prompting dan Self Awareness terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:03
Last Modified: 18 Apr 2022 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18818

Actions (login required)

View Item View Item