PRAKTIK BAGI HASIL JASA POTONG RAMBUT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Pangkas Rambut Agus Desa Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung)

ABDUR, ROHMAN (2022) PRAKTIK BAGI HASIL JASA POTONG RAMBUT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Pangkas Rambut Agus Desa Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS  ABDUR ROHMAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ABDUR ROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kerjasama dalam usaha merupakan realita dalam dunia kerja, tidak semua mempunyai modal dan keahlian, ada yang mempunyai modal tapi tidak mempunyai keahlian begitupun sebaliknya ada yang mempunyai keahlian tapi tidak memiliki modal. akad kerjasama yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, dalam menjalankan usaha potong rambut tentu tidak bertentangan dengan Syari’at Islam, karena suatu akad kerjasama dapat dilakukan dan berlangsung sesuai dengan kesepakatan dan maksud serta tujuan dari usaha tersebut dapat dipahami. Baik dalam pernyataan yang berbentuk perkataan, perbuatan, isyarat bagi orang bisu, maupun pernyataan dalam bentuk tertulis (tersurat). Tentunya juga berdasarkan rasa saling ridho dan rela tanpa adanya paksaan dari kedua belah pihak baik dari pihak pemilik modal ataupun pihak pengelola dalam menjalankan usaha tersebut. Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat, Penelitian ini merupakan sebuah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu dalam hal ini realitas hidup yang ada dalam masyarakat menjadi unsur terpenting dalam kajian yang dilakukan. Penelitian dimaksud untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan dan posisi saat ini, serta interaksi lingkungan unit sosial tertentu yang bersifat apa adanya. Subjek penelitian dapat berupa individu, kelompok, institusi atau masyarakat. Berdasarkan sifatnya penelitian ini adalah deskriptif analisis, yang hanya memaparkan situasi dan peristiwa, tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau prediksi. Pengertian deskriptif menitik beratkan pada observasi dan setting alamiah. Penelitian bertindak sebagai pengamat yang hanya membuat kategori prilaku, mengamati dan mencatat serta tidak memanipulasi dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktik Bagi Hasil Jasa Potong Rambut Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi di Pangkas Rambut Agus Desa Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung, dilakukan secara lisan dengan kesepakatan persentase bagi hasil 50% dari pemasukan perhari (kotor). Berdasarkan tinjauan hukum Islam terhadap sistem bagi hasil pada usaha potong rambut Agus, dapat dibenarkan karena didasarkan atas kesepakatan bersama dan objek yang menjadi kesepakatan (bagi hasil pangkas rambut Agus) merupakan sesuatu yang mubah (bernilai secara syar’i).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:46
Last Modified: 14 Apr 2022 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18812

Actions (login required)

View Item View Item