PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN ISLAM KHUSUSNYA PESANTREN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KURIKULUM 2013

Dinda, Ayu Puspitasari (2022) PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN ISLAM KHUSUSNYA PESANTREN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KURIKULUM 2013. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINDA AYU PUSPITASRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN ISLAM KHUSUSNYA PESANTREN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KURIKULUM 2013 Oleh DINDA AYU PUSPITASARI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Pendidikan islam menurut persepektif gus dur ( Abdurrahman wahid) Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research yaitu lebih menitikberatkan pada pengumpulan data berbagai sumber yang relevan. Dalam hal ini mencangkup buku-buku, jurnal dan hasil penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut gus dur tujuan Pendidikan islam adalah proses menjadikan manusia sebagai insan kamil, dan menjadikan manusia memiliki jiwa social yang tinggi terhadap sesame manusia dan alam. Ada tiga tujuan Pendidikan islam menurut Gus Dur yaitu , Pendidikan Berbabis modernism, Pendidikan berbasis pembebasan, dan Pendidikan islam berbasis kebhinekaan. Berbicara mengenai Pendidikan tenu saja tidak terlepas dari KURIKULUM. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program Pendidikan yang diberikan oleh suatu Lembaga penyelengaraan Pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang Pendidikan, saat ini diindonesia kurikulum yang digunakan yakni kurikulum 2013. Terkait kurikulum, Gus Dur melihat bahwa pesantren dinilai ideal sebagai kurikulum Pendidikan islam karena pesantren dinilai ideal sebagai kurikulum Pendidikan islam karena pesantren memiliki nilai-nilai mandiri yang sudah ada sejak di Indonesia dan pesantren dapat dikatana sub-kultur karena memiliki ciri khas yang menjadikannya sebagai salah satu identitas Pendidikan islam. Adapun metode Pendidikan islama menurutnya ada tiga, yaitu metode qishas, metode ta’lim al kitab dan metode ibrah atau mauizah. Terakhir, strategi Pendidikan islam menurut gus dur ada 3 yaitu strategi social-politik, strategi kebudayaan, dan strategi social�kebudayaan Kata Kunci : Abdurrahman Wahid, Pendidikan Islam, kurikulum 2013 iii ABSTRACT PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN ISLAM KHUSUSNYA PESANTREN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KURIKULUM 2013 Oleh DINDA AYU PUSPITASARI The purpose of this study was to find out Islamic education from the perspective of Gus Dur (Abdurrahman wahid). This research is descriptive qualitative with penc library research, which is more focused on collecting various relevant sources. In this case, it includes journal books and research results related to the title of scientific work. The results show that according to Gus Dur, Islamic education is a process of making humans as friends, and making humans have a social spirit that is towards fellow humans and nature.There are three goals of education according to Gus Dur, namely, modernism-based education, liberation-based education, and Islamic education based on diversity. Talking about education, of course, cannot be separated from the curriculum. Curriculum is a set of subjects and education provided by an educational organization that contains lesson plans that will be given to lesson participants in a period of education level, currently in Indonesia the curriculum used, namely Gus Dur, sees that the program is carried out by the 2013 curriculum. ideal as an Islamic education curriculum because pesantren is considered ideal as an Islamic education curriculum because boarding schools have independent values that have existed since in Indonesia and pesantren can be called sub-cultures because they have characteristics that make them one of the identities of Islamic education. According to him, there are three methods of Islamic education, namely the gishas method, the ta'lim al-kitab method and the ibrah or mauizah method. Finally, according to Gus Dur, there are 3 Islamic education strategies, namely socio-political strategies, cultural strategies, and socio-cultural strategies. Keywords: Abdurrahman Wahid, Islamic Education, 2013 curriculum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:27
Last Modified: 14 Apr 2022 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item