KOPETENSI PROPESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 10 BANDAR LAMPUNG

Fernando, Rendra Oktavia (2017) KOPETENSI PROPESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 10 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 1._kover.pdf]
Preview
PDF
Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2._pengesahan_nya.pdf]
Preview
PDF
Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 3._daftar_isi.pdf]
Preview
PDF
Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_1.pdf]
Preview
PDF
Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_IV-.pdf]
Preview
PDF
Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 9._DAFTAR_FUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 10._ANGKET_tesis_rendra.pdf]
Preview
PDF
Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 11._Nukilan_Tabel__Nilai_Koefisien_Korelasi.pdf]
Preview
PDF
Download (19kB) | Preview

Abstract

Kompetensi Profesional guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Guru profesional adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar peserta didik, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Yaitu Kemampuan guru dalam merencanakan program pembelajaran, Kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran, Kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar dan kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar peserta didik dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini : Apakah Kompetensi Profesional Guru Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan Agama Islam Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah Adanya Pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 10 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu : Angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment dan menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Variabel Y. Sebagai hasil penelitian bahwa adanya pengaruh positif dan cukup erat antara kompetensi profesional guru dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar peserta didik. dari hasil perhitungan diperoleh r xy= 0,57.Kompetensi Profesional guru Dengan prestasi belajar peserta didik adanya pengaruh yang cukup erat, karena 0,57 ( r hitung) lebih besar dari 0,217 (r tabel) pada taraf signifikansi 5% dan 0,57 (r hitung) ≥0,282 (tabel) pada taraf signifikasi 1%. Jika terdapat kemajuan dari faktor profesional guru sebesar 0,57 maka diikuti pula oleh peningkatan prestasi belajar peserta didik. Dari pengujian signifikansi koefisien, korelasi diperoleh t = hitung = 6,39, sedangkan t = tabel 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Jadi t hitung ≥ t tabel 6,39 sedangkankan t tabel 2,64 taraf signifikansi 1% jadi t hitung ≥ t tabel, koofisien diterminasinya (d=32,49%). Sedagkan reabilitasnya adalah : 0,86. Dapat penulis simpulkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar peserta didik, dengan arti semakin tinggi kompetensi profesional guru dalam mengajar, maka akan diikuti dengan pencapaian prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:32
Last Modified: 03 Nov 2017 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item