PERAN KH GHALIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI KEC PRINGSEWU KAB PRINGSEWU

AHMAD, NUR FAUZI (2022) PERAN KH GHALIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI KEC PRINGSEWU KAB PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penulisan skripsi ini, penulis memilih judul tersebut karena, Pertama: KH Ghalib mampu mendirikan sebuah sebuah pondok pesantrn di tengah penjajahan. Kedua: Sarana dan prasarana yang minimuntuk mengembangkan pondok pesantren KH Ghalib. Ketiga: Masih kurangnya pembahasan mengenai peran KH Ghalib dalam pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran KH Ghalib dalam pendidikan Islam. Penulis skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun dalam teknik dalam pengumpulam data penulis menggunakan tiga cara antara lain: Observasi, Wawancara, Dokumenter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran KH Ghalib dalam pendidikan Islam di Pringsewu?” Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa KH Ghalib pernah mengalami kejayaan dalam mendirikan pondok pesantren KH Ghalib di Pringsewu, terutama pada tahun 1935 ketika Madrasah Salafiyah didirikan hingga tahun 1949 yang di tandai dengan banyaknya jumlah santri yang menuntut ilmu disana, hingga mencapai 1000 orang. Kemudian pesantren mengalami kemrosotan selama enam tahun yang diawali dengan meninggalnya KH Ghalib karena di tembak Belanda pada tanggal 16 November 1949, hal ini di sebabkan karna kondisi pondok pesantren rusak parah akibat diobrak abrik oleh Belanda. Kata Kunci : KH Ghalib, Pendidikan Islam, Pringsewu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:35
Last Modified: 12 Apr 2022 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18750

Actions (login required)

View Item View Item