PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 SUMBEREJO

NADA, ELISIA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 SUMBEREJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADA ELISIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 SUMBEREJO Oleh Nada Elisia Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang, dan kelompok orang dalam mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dalam pembelajaran yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik, dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik atau metode yang digunakan kurang bervariasi. Di SMP Negeri 1 Sumberejo, hasil belajar pendidikan agama islam masih terbilang rendah. Oleh sebab itu peneliti menggunakan Model Discovery Learning Berbasis High Order Thinking Skills, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning Berbasis High Order Thinking Skills terhadap hasil belajar pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen data bersifat Statistik, design yang digunakan adalah non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII-A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar kognitif pada materi beriman kepada kitab�kitab Allah SWT Hasil perhitungan skor rata-rata yang tedapat di kelas kontrol yaitu kelas VIII-B didapat hasil pretest dengan nilai rata-rata 50 dan posttest dengan nilai rata-rata 55.5 sehingga terlihat perbedaan sebesar 5.5. Sedangkan kelas eksperimen yaitu kelas VIII-A didapat hasil pretest dengan nilai rata-rata 55 dan posttest 69 terlihat perbedaan sebesar 14. Setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas didapat bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama, kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh keputusan = 3,129 > = 0,003 dan nilai Sig (2-tailed) = 0,003. Karena Sig < α yaitu 0,003 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning berbasis high order thinking skills terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberejo. Kata Kunci: Model Discovery Learning Berbasis High Order Thinking Skills dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:43
Last Modified: 11 Apr 2022 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18736

Actions (login required)

View Item View Item