PENGARUH PEERS CONFORMITY DAN VICARIOUS ROLE MODEL TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA

Ummi, Hani Faturrohmah (2022) PENGARUH PEERS CONFORMITY DAN VICARIOUS ROLE MODEL TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep diri merupakan sifat yang unik pada manusia yang akan membedakan manusia satu dengan makhluk hidup lainnya. Konsep diri seseorang bersifat pribadi maka dari itu hanya orang itulah yang dapat memahami dan mengerti bagaimana konsep dirinya. Konsep diri juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial, salah satunya dipengaruhi oleh peers confromity dan vicarious role model. Pada masa remaja yang sedang mencari identitas diri, peranan teman sebaya dan orang yang menjadi pengaruh remaja (Role Model) sangat memberikan dampak yang besar dalam perkembangan konsep dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara peers conformity dan vicarious role model terhadap konsep diri remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 214 orang peserta didik MAN se-Kabupaten Tulang Bawang Barat. Teknik Pengumpulan data menggunakan Kuesioner (Angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t parsial dan uji F/Anova menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial pada variabel peers conformity dan vicarious role model terhadap konsep diri remaja dengan nilai sig. Sebesar 0,000. Kata Kunci : Konsep Diri, Peers Conformity, Vicarious Role Model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:06
Last Modified: 11 Apr 2022 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18724

Actions (login required)

View Item View Item