PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING LEARNING KELAS IV SD/MI

Rezka, Cindy Anggraini N (2022) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING LEARNING KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (560kB)
[thumbnail of skripsi rezka full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik kelas IV, sarana belajar yang digunakan untuk membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya bersumber dari buku teks pembelajaran dan pengetahuan pendidik saja. Pendidik juga jarang menggunakan video ataupun gambar sebagai metode pembelajaran yang dapat membantunya dalam menjelaskan materi, hal ini menimbulkan kejenuhan pada peserta didik dalam belajar sehingga turut membuat motivasi belajar mrnjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan sebuah upaya peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Learning. Sebagaimana tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching Learning kelas IV MI Islamiyah Sri Mukti Lampung Selatan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research) dengan model pembelajaran Quantum Teaching Learning, objek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Sri Mukti Lampung Selatan yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 10 siswa dan siswa perempuan berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah 1) pedoman wawancara proses pembelajaran, 2) pengamatan, 3) kuesioner dengan mengacu pada jawaban menggunakan skala likert. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terdapat peningkatan motivasi belajar siswa mencapai 78. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil pembelajaran tematik di kelas IV dibuktikan dengan fakta hasil peningkatan motivasi belajar dilihat dari kondisi awal bahwa diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 51,31, menunjukkan tingkat motivasi siswa “rendah”. Setelah dilakukan tindakan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching Learning pada siklus I perolehan skor menjadi 69,42 menunjuk pada tingkat “tinggi”. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa menjadi 80,96. Pada siklus ke II ini menunjukkan keberhasilan model pembelajaran Quantum Teaching Learning karena skor rata-rata peserta didik telah mencapai lebih dari 80. Kata kunci: motivasi belajar, tematik, model pembelajaran quantum teaching learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:24
Last Modified: 06 Apr 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item