PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN

NUR, INDAH AMALIA (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi NUR INDAH AMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan media Strip Story di MTs Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media Strip Story. Media pembelajaran Strip Story merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas dan tanggung jawab pada peserta didik dalam proses menghafal membaca dengan menggunakan potongan�potongan surat agar proses pembelajaran mudah di ingat dan menyenangkan tanpa terpaku dengan buku pelajaran dan membantu dalam memudahkan pemahaman kandungan surat yang dipelajari guna mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari media pembelajaran Strip Story Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII MTs Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan design posttest only control design. Jenis peneltian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Sedangkan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa Dokumentasi dan Tes (posttest). Berdasarkan hasil analisis data, dan perhitungan Uji-t, didapatkan nilai Sig 0,004 maka jika nilai sig. 0,005 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Pembelajaran Strip Story terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII MTs Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Strip Story, Hasil Belajar iv ABSTRAC Education is the main factor that needs to be improved. To improve the quality of education is to improve student learning outcomes. One of the efforts of educators in improving learning outcomes is to use appropriate learning media in the learning process. This research is motivated by student learning outcomes in learning the Al-Qur’an Hadits by using the learning media Strip story at MTs Al�Fatah Natar South Lampung. One of the learning media that can be used is the strip story media. Learning media strip story is one type of learning media that emphasizes the activities and responsilibilities of students in the process of memorizing reading by using pieces of letters so that the learning process is easy to remember and fun without being glued to textbooks and helps in facilitating understanding the content of the letter learned in order to achieve maximum learning outcomes. This study aims to determine the effect of strip story learning media on learning outcomes of Al-Qur’an Hadits students of class VIII MTs Al-Fatah Natar South Lampung. This study uses quantitative research with a quasi-experimental method with a posttest only control design. The type of research used is experimental. The population in this study were all eighth grade students at MTs Al-Fatah Natar, South Lampung. While the sample in this study used random sampling, namely class VIII D as the experimental class and class VIII E as the control class. The data collection technique used is the form of documentation and tests (posttest). Based on the results of data analysis research, and t-test calculations, obtained a Sig value of 0,004 then if the value of Sig. 0,005 (5%) in Sig (2-tailed) then H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is an effect of learning media strip story on the learning outcomes of Al-Qur’an Hadits students of class VIII MTs Al-Fatah Natar, South Lampung. Keywords: Strip Story media, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:36
Last Modified: 31 Mar 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item