STRATEGI ASURANSI BUMIPUTERA SYARI’AH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANDAR LAMPUNG

PUTRI, HANDAYANI (2022) STRATEGI ASURANSI BUMIPUTERA SYARI’AH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER. BAB 1, BAB 2, DAPUS  PUTRI HANDAYANI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUTRI HANDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Asuransi syari’ah yakni salah satu lembaga yang menyediakan atau menjual di bidang jasa, asuransi berbasis syari’ah hadir di tengah�tengah masyarakat yang sebagian besar kurang paham tentang asuransi syari’ah dan mengaplikasikan yang menyebabkan masyarakat enggan untuk menggunakan jasa asuransi yang berlabelkan syari’ah, meski tujuannya untuk meringankan beban orang-orang yang terkena musibah yang tidak diinginkan dengan cara mentransfer resiko yang akan dihadapi dengan membayar premi yang disediakan dalam polis berbentuk produk-produk Asuransi Bumiputera Syari’ah yaitu: Mitra Iqra Plus, Mitra Mabrur Plus, Mitra Amanah, Mitra Bp-Link Syari’ah. Maka dari itu agar masyarakat atau nasabah mau menggunakan Asuransi berlabelkan syari’ah maka yang terlebih dahulu adalah memberikan pemahaman bahwa Asuransi yang berlabelkan Syari’ah boleh dipergunakan oleh masyarakat Islam karena sesuai dengan syariat islam, dan yang kedua dalam segi strategi asuransi harus ditingkatkan guna meningkatkan jumlah nasabah. Adapun jenis penelitian yang Penulis gunakan yakni secara umum melakukan penelitian ini dengan cara penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang semata-mata menggambarkan secara jelas tentang strategi Asuransi Bumiputera Syari’ah dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian kualtatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis yang berupa pernyataan yang digambarkan dengan kata-kata. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dimana data primer didapatkan dari hasil wawancara terhadap objek-objek penelitian sedangkan data sekunder didapatkan dari buku-buku referensi. Penelitian ini bertujuan untuk memunculkan suatu jawaban terkait strategi apa yang diterapkan dalam asuransi syari’ah Bandar Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bandar lampung. iii Dari hasil penelitian, aktivitas pemasaran pada Bumiputera syari’ah yang dilakukan selama ini berjalan efektif. Lantaran perusahaan asuransi bisa konsisten pada meningkatkan jumlah nasabah setiap tahunnya. Strategi yg diberikan oleh Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah Bandar Lampung sang perwakilan PT Asuransi Bersama Bumiputera Syariah Bandar Lampung pada proses pemasaran pada masyarakat adalah pelayanan yg baik lantaran dilatih menggunakan dukungan pelatihan yg ditawarkan oleh PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah Bandar Lampung ditujukan buat para agen yg mungkin mempunyai kepentingan menggunakan nasabah yg mungkin & mungkin ingin sebagai pemegang polis kehidupan umum Bumiputera Syariah. Kata kunci: Strategi Meningkatkan Jumlah Nasabah iv ABSTRACT Shari'ah insurance is one of the institutions that provide or sell in the field of services, sharia-based insurance is present in the midst of a society that is mostly less understanding about sharia insurance and applying that causes the public to be reluctant to use insurance services labeled shari'ah, although the goal is to ease the burden of people affected by unwanted disasters by transferring the risks that will be faced by paying premiums that are provided in the policy in the form of Bumiputera Syari'ah Insurance products, namely: Mitra Iqra Plus, Mitra Mabrur Plus, Mitra Amanah, Mitra Bp-Link Syari'ah. Therefore, so that the community or customers want to use Insurance labeled shari'ah then the first is to provide an understanding that insurance labeled Shari'ah can be used by islamic society because it is in accordance with Islamic sharia, and the second in terms of insurance strategy must be increased to increase the number of customers. As for the type of research that the author uses, in general, this research in a descriptive field research is research that merely describes clearly about the strategy of Bumiputera Syari'ah Insurance in increasing the number of customers. Authors use qualitative research methods, quantative research is research that is descriptive and tends to use analysis in the form of statements described in words. The foundation of theory is used as a guide so that the focus of research in accordance with the facts on the ground. This study uses primary and secondary data, where primary data is obtained from interviews on research objects while secondary data is obtained from reference books. This research aims to bring up an answer related to what strategies are applied in Bandar Lampung shari'ah insurance in increasing the number of customers in Bandar Lampung. From the results of the research, marketing activities on Bumiputera Shari'ah carried out so far are effective. Because insurance companies can be consistent in increasing the number of customers every year. The strategy provided by Bumiputera Syariah v Life Insurance Bandar Lampung the representative of PT Asuransi Bersama Bumiputera Syariah Bandar Lampung in the marketing process to the community is a good service because it is trained using training support offered by PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah Bandar Lampung aimed at agents who may have an interest in using customers who may and may want to be the policyholder of Bumiputera's public life. Sharia. Keywords: Strategies to Increase Customer Numbers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:52
Last Modified: 31 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18645

Actions (login required)

View Item View Item