IIS, RISMAWATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NU NEGARA BATIN KOTA AGUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik dikarnakan pada proses pembelajaran yang kurang menarik sehingga membuat prses belajar mengajar menjadi membosankan dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Maka dari itu sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik salah satunya yaitu dengan dengan menggunakan model pembelajaran, dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik Kelas VII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Desain dengan bentuk desain Postest Only Control desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs NU Negarabatin yang berjumlah 115 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C,dan VII D. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari test soal dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak, kemudian uji homogenitas untuk mengetahui data berdistribusi homogen atau tidak dengan menggunakan uji Levene Statistic, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil perhitungan Independent Sampel T-Test memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0, 000 < 0,05, berdasarkan pengambilan keputusan jika sig < 0,05 maka terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, iii yang berarti HO ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar SKI peserta didik kelas VII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:35 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:35 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18626 |
Actions (login required)
View Item |