IMPLEMENTASI PASAL 32 AYAT (2) PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung)

MUHAMMAD, IRFAN HIDAYAT (2022) IMPLEMENTASI PASAL 32 AYAT (2) PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Kehidupan ekonomi yang semakin hari semakin sulit mendorong masyarakat untuk lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Masyarakat tidak bisa lagi megantungkan seluruh harapannya kepada pemerintah guna mendapatkan kehidupan yang layak secara ekonomi. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat mencari solusi hidup dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan mendirikan tenda-tenda usaha di pinggirjalan/trotoar, jalur hijau, taman, halaman serta tempat parkir toko dan atau rumah toko, dan tempat-tempat umum lainnya. Cara tersebut sepintas dapat mengurangi jumlah pengangguran dan menambah pergerakan ekonomi. Namun pada kenyataannya solusi masyarakat tersebut malah mendatangkan masalah baru, yakni menggangu ketentraman warga dan ketertiban umum. Praktik jual beli yang dilakukan oleh perseorangan/badan usaha tersebut nyatanya telah mengganggu kenyamanan masyarakat lain dan menghambat mobilisasi arus lalu lintas. Berdasarkan penjabaran di atas rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Pertama, bagaimana implementasi Pasal 32 ayat (2) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum oleh Satuan Pamong Praja Kota Bandar Lampung? Kedua, Bagaimana Implementasi Pasal 32 ayat (2) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 tersebut oleh Satuan Pamong Praja dalam Perspektif Siyasah Tanfidziyah?Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi Pasal 32 ayat (2) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum Dalam Wilayah Kota Bandar Lampung dan Untuk mengetahui pengimplementasian Pasal 32 ayat (2) Peraturan Daerah Kota iii Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum dalam perspektif Siyasah Tanfidziyah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sedangkan sifat penelelitian yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif. hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi Pasal 32 ayat (2) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 01 Tahun 2018 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum terhadap pedagang kaki lima di area pinggir jalan kota secara umum tidak berjalan menuruti ketentuan-ketentuan yang telah berlaku, Hal ini didukung oleh sejumlah fakta bahwa masih ada beberapa pedagang kaki lima yang terlihat. Terdapat hambatan yang dialami dalam upaya melakukan penataan ruang dan wilayah di Kota Bandar Lampug. Hambatan-hambatan tersebut meliputi keterbatasan jumlah personil, kegiatan penertiban yang belum terjadwal serta sanksi yang tidak tegas yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Bandar Lampung menurut Perspektif Siyasah Syar’iyyah, belum sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut. Kata Kuci: Perda, Siyasah Syar’iyyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:54
Last Modified: 28 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18600

Actions (login required)

View Item View Item