PENGARUH GAYA HIDUP DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswi FEBI Tahun 2016 UIN Raden Intan Lampung)

ANDRE, ANASTINO (2022) PENGARUH GAYA HIDUP DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswi FEBI Tahun 2016 UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS Andre Anastino.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Andre Anastino.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gaya hidup yang modern ini memengaruhi perilaku seseorang, begitu pula terhadap perilaku pembeliannya. Karena ketertarikan pada barang atau jasa tersebut, membuat konsumen membeli secara spontan atau tidak direncanakan untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam konsep islam tidak semua hasrat dijadikan sebagai suatu kebutuhan, tetapi hanya hasrat yang mengandung mashalahat. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, terlebih untuk tampil menarik dengan menggunakan varian kosmetik. Disadari atau tidak, dalam sehari-hari kehidupan wanita tidak terlepas dari kosmetik, produk perawatan tubuh ini digunakan bagi sebagian besar wanita mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur. Banyak cara dilakukan dalam upaya pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya dengan mencari informasi yang terdapat pada atribut produk. Atribut yang dimaksud sebagai media informasi konsumen untuk memperoleh kepercayaan terhadap produk secara lahir dan batin adalah label halal. Atribut produk menjadi unsur-unsur yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi FEBI Tahun 2016 UIN Raden Intan Lampung. Bagaimana pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi FEBI Tahun 2016 UIN Raden Intan Lampung. Dan bagaimana pengaruh Gaya Hidup dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi FEBI Tahun 2016 UIN Raden Intan Lampung Menurut Perspektik Ekonomi Islam. Hipotesis dalam penelitian ini sebagai berikut H1 adalah Gaya Hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Ha1 adalah Gaya Hidup berpengaruh signifikanterhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. H2 adalah Labelisasi Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Ha2 adalah Labelisasi Halal berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. H3 adalah Gaya Hidup dan Labelisasi Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Ha3 adalah Gaya Hidup dan Labelisasi Halal berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan data primer dan sekunder pengumpulan menggunakan kuesioner. Hasil data penelitian ini menunjukkan Variabel Gaya Hidup berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian hal ini dilihat dari t hitung sebesar 5.024 yang berarti t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1.991. Variabel Labelisasi Halal berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian hal ini dilihat dari signifikan label halal sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Gaya hidup dalam islam mempunyai peluang besar di indonesia hal tersebut dikarenakan kesadaran komunitas muslim yang ingin hidupnya lebih sesuai dengan ajaran islam selain itu karena produk dan jasa yang bersifat halal mempunyai nilai lebih. Kata Kunci: Gaya Hidup, Labelisasi Halal, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:32
Last Modified: 28 Mar 2022 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18595

Actions (login required)

View Item View Item