IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 LAMPUNG UTARA

ROFIFAH, ISMAH YUSUF (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1- 2 + dapus.pdf] PDF
Download (19MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Mengamati fenomena empirik yang ada pada saat ini, maka penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran fiqih dengan sistem daring di tingkat Madrasah Aliyah Negeri pada masa pandemi-covid-19 tentu menjadi hal baru karena selama ini belum pernah dialami oleh dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan di Indonesia. Namun pada kenyataannya pendidikan dan pembelajaran harus tetap berjalan, dengan adanya kendala tersebut tentu harus dicarikan solusi nyata agar pelaksanaan pembelajaran dapat tetap berjalan efektif dan efisien. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai implementasi pembelajaran fiqih pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Lampung Utara. Pada penelitian ini, penulis merumuskan bagaimana proses implementasi pembelajaran fiqih pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Lampung Utara dan apasaja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran fiqih pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, dengan mengambil latar belakang MAN 1 Lampung Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan cara mereduksi data, men-display data, dan conclusion atau menarik kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa dalam proses implementasi pembelajaran fiqih pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Lampung Utara yakni: Pertama, proses perencanaan yang meliputi meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian, tujuan pembelajaran, alokasi waktu, metode, kegiatan pembelajaran, penilaian (evaluasi), materi ajar dan sumber belajar. Kedua, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi startegi pembelajaran dengan menggunakan sistem daring; metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, tutorial dan pemberian tugas. Sedangkan, media pembelajaran yang digunakan bervariasi dan menyesuaikan dengan kondisi guru dan siswa. Adapun media yang digunakan yakni platform seperti google classroom, kahoot, whatsapp, zoom meet, e-learning madrasah, google form, PPT dan youtube sebagai media dalam pemberian materi dalam pembelajaran daring. Ketiga, evaluasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum madrasah dan kurikulum 2013 yakni penilaian dengan tiga iii aspek penilaian yakni penilaian sikap; penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Faktor pendukung proses Implementasi Pembelajaran Fiqih pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Lampung Utara yakni: kesiapan guru dalam pembelajaran; sdm guru yang memadai; sarana prasarana yang memadai; dan pengarahan management madrasah kepada dewan guru. Sedangkan, faktor penghambat proses Implementasi Pembelajaran Fiqih pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Lampung yakni: kesiapan siswa dalam pembelajaran; paket kuota mahal dan koneksi internet; keterbatasan akan penguasaan teknologi; dan kesulitan dalam konsultasi belajar. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Fiqih, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:04
Last Modified: 23 Mar 2022 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18549

Actions (login required)

View Item View Item