Pengaruh Asesmen Portofolio Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 9 Bandar Lampung

Imansari , Fenty Nurahma (2017) Pengaruh Asesmen Portofolio Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 9 Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_FENTY.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG Oleh: Fenty Nurahma Imansari Berdasarkan pra penelitian di SMAN 9 Bandar Lampung pada mata pelajaran biologi penilaian pembelajaran yang banyak dipergunakan paper and pencil test yang menekankan pada kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda tanpa memberikan written feedback. Nilai afektif yang rendah dikarenakan tidak adanya penilaian aktivitas belajar siswa yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen portofolio terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMAN 9 Bandar Lampung.Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain penelitian The Mathching Only and Pretest Posttest Control Group Desain. Dari hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa disetiap indikator mengalami peningkatan antara 20%- 30% dari pertemuan pertama hingga kedua sedangkan nilai penguasaan konsep kelas eksperimen dengan nilai N-Gain 0,89 dengan interpretasi tinggi dan kelas kontrol adalah 0,63 dengan interpretasi sedang. Hasil analisis data menunjukkan data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-independent, didapat thitung sebesar 0,004 dengan taraf signifikansi 5% dengan ttabel 1,665, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh assessment portofolio terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep Biologi siswa. Sedangkan untuk hasil kontribusi didapat hasil R2 sebesar 0,407, sehingga dapat disimpulkan bahwa assessment portofolio memiliki kontribusi terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep Biologi siswa yaitu sebesar 40,7%. Berdasarkan angket respon diketahui assessment portofolio mendapatkan respon yang positif. Kata kunci: Aktivitas Belajar; Assessment Portofolio; dan Penguasaan Konsep Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:54
Last Modified: 02 Nov 2017 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item