HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS V MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Deny, Kurniawati (2022) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS V MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DENY KURNIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Minat belajar adalah suatu dorongan atau ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Faktor menurunnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran daring salah satunya adalah fasilitas belajar yang kurang memadai dan kurangnya peran orang tua dalam mendampingi anak belajar. Meskipun memiliki fasilitas belajar di rumah namun tidak adanya peran orang tua proses pembelajaran atau peran orang tua yang tinggi tetapi tidak memiliki alat pendukung untuk proses pembelajaran maka berakibat pada menurunnya minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar di rumah dan peran orang tua terhadap minat belajar pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Ada 3 variabel dalam penelitian ini, variabel terikatnya adalah fasilitas belajar di rumah dan peran orang tua dan variabel bebasnya adalah minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinyatakan dalam skala likert dan menggunakan dokumentasi. Instrument penelitian ini mengunakan uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reabilitas menggunakan rumus Chonbach’k Alpha, kemudian hasil uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, kemudian uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara fasilitas belajar di rumah dengan minat belajar pada pembelajaran daring peserta didik kelas V MIN 5 Bandar Lampung diperoleh nilai p-value= 0,004 dengan taraf signifikansi α = 0,05, sehingga H0 ditolak ; terdapat hubungan antara peran orang tua dengan minat belajar peserta didik kelas V MIN 5 Bandar Lampung dengan diperoleh nilai p�value 0,019 dengan taraf signifikasi α = 0,05, sehingga H0 ditolak ; terdapat hubungan antara fasilitas belajar di rumah dan peran orang tua dengan minat belajar pada pembelajaran daring peserta didik kelas V MIN 5 Bandar Lampung dengan diperoleh nilai p-value 0,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05, sehingga H0 ditolak. Dengan nilai R 2 sebesar 0,735. Kata kunci : Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Peran Orang Tua iii ABSTRACT Interest in learning is an encouragement or interest of students in the learning process. One of the factors that decrease students' interest in learning in online learning is inadequate learning facilities and the lack of parental roles in assisting children in learning. Despite having learning facilities at home, the absence of a parent's role in the learning process or a high role of parents but not having supporting tools for the learning process results in a decrease in interest in learning. The purpose of this study was to determine the relationship between learning facilities at home and the role of parents on interest in learning in online learning. This research uses a correlational method with a quantitative approach. There are 3 variables in this study, the dependent variable is learning facilities at home and the role of parents and the independent variable is interest in learning. The population in this study were 60 students. This research uses cluster random sampling. The data collection technique used a questionnaire which was stated on a Likert scale and used documentation. This research instrument uses the validity test using the Product Moment correlation formula and the reliability test using the Chonbach'k Alpha formula, then the prerequisite test results use the normality test, linearity test, and multicollinearity test, then test the hypothesis using T test and F test. The results of this study indicate that there is a relationship between learning facilities at home and interest in learning in online learning for class V MIN 5 Bandar Lampung students obtained p-value = 0.004 with a significance level of = 0.05, so H0 is rejected; there is a relationship between the role of parents and the learning interest of students in class V MIN 5 Bandar Lampung with a p-value of 0.019 with a significance level of = 0.05, so H0 is rejected; there is a relationship between learning facilities at home and the role of parents with learning interest in online learning for class V MIN 5 Bandar Lampung students with a p-value of 0.000 with a significance level of = 0.05, so H0 is rejected. With an R2 value of 0.735. Keywords: Learning Facilities, Interest in Learning, Role of Parents

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2022 07:50
Last Modified: 14 Mar 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item View Item