Pencegahan Bullying Melalui Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Mathla’ul Anwar Pematang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran

DINA, OKTAVIA (2022) Pencegahan Bullying Melalui Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Mathla’ul Anwar Pematang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINA OKTAVIA...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Pencegahan Bullying Dalam Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mathla’ul Anwar Pematang Kabupaten Pesawaran. Sebuah skripsi untuk mengkaji dan meneliti bagaimana Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Mathlaul Anwar dapat mencegah terjadinya kasus bullying di sekolah pada khususnya dan di lingkungan sekitar pada umumnya. Dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam, dan sebagian anak bersekolah di MI (Madrasah Ibtidaiyah), faktanya Indonesia merupakan negara yang menempati posisi teratas kasus kekerasan dan bullying dibanding negara-negara di Asia lainnya. Suatu kenyataan yang berbanding terbalik mengingat Al-Qur’an telah dengan jelas melarang setiap tindak kekerasan dan bullying ditambah dengan adanya mata pelajaran akidah akhlak pada sekolah madrasah yang mengajarkan tentang melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriprif kualitatif. Metode deskriptif merupakan studi yang melukiskan, menggambarkan, ataupun mengungkapkan kondisi objek yang diteliti sesuai dengan suasana serta keadaan penelitian. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang memakai metode atau pendekatan studi kasus. Sumber primer pada penelitian ini ialah wali kelas dan guru bidang mata pelajaran akidah akhlak serta peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Pematang. Hasil temuan peneliti ialah telah terjadi tindak perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Pematang baik yang dilakukan oleh peserta didik laki-laki kepada peserta didik laki-laki, peserta didik laki-laki kepada peserta didik perempuan maupun sebaliknya peserta didik perempuan kepada peserta didik perempuan dan kepada peserta didik perempuan kepada peserta didik laki-laki. Maka dari itu baik wali kelas maupun guru pendamping mata pelajaran khususnya akidah akhlak saling bahu membahu memberikan bimbingan dan pengajaran terutama dibidang akidah dan akhlak agar mampu mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak perilaku bullying. Kata kunci : Bullying, Akidah Akhlak, PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:24
Last Modified: 11 Mar 2022 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18453

Actions (login required)

View Item View Item