PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL CD INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DI TAMAN KANAK-KANAK

SARI, WULANDARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL CD INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI SARI WULANDARI bab 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SARI WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTARK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Seperti tidak disadari keterampilan menyimak tidak begitu diperhatikan oleh sekolah. Sekolah hanya terfokus kepada anak menulis dan membaca untuk bekal mereka memasuki sekolah yang lebih lanjut. Guru kurang memotivasi belajar anak karena penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi kebanyakan pembelajaran masih menggunakan media buku dan majalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual CD pembelajaran audio visual CD Interaktif di taman kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan metode perkembangan Borg and Gall, serta penelitian ini di uji cobakan di 2 TK yaitu TK Aisyiyah 2 Bandar Lampungdan TK Qurrota A’yun Bandar Lampung Alat pengumpul data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Hasil penilaian Validator Ahli Media 85%, penilaian Validator Ahli Materi 94% dan penilaian Validator Ahli Bahasa 75%. Rata-rata seluruh penilaian Validator mendapatkan persentase 85% Dari hasil penilaian bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual CD Interaktif ”Sangat Layak” digunakan. Hasil penilaian Guru I di TK Aisyiyah 2 sebesar 96%, penilaian Guru 2 di TK Aisyiyah 2 sebesar 98%, penilaian Guru 3 di TK Qurrota A’yun sebesar 96%, penilaian Guru 4 di TK Qurrota A’yun sebesar persentase 92%. Rata�rata seluruh penilaian Guru mendapatkan persentase 95% dengan kategori ”Sangat baik” digunakan. Hasil uji coba skala kecil dilakukan di TK Aisyiyah memperoleh presentase 95%. Hasil ujicoba skala besar dilakukan di TK Qurrota A’yun memperoleh presentase 94%. Rata-rata seluruh respon peserta didik 95% dengan kategori ”Sangat baik” digunakan. Kata kunci : Media Audio Visual, CD Interaktif, Keterampilan Meyimak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:18
Last Modified: 11 Mar 2022 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item View Item