PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NANCY, ADELIA PUTRI ALMEGA (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS USAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Nancy Adelia Putri Almega.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang terindikasi mengalami efikasi diri rendah. Ini dapat dilihat dari peserta didik yang menunjukkan ketidakyakinan diri akan kemampuan yang dimiliki, kurang berusaha dan cepat menyerah, kesulitan dalam merespon pelajaran, tidak berani bertanya ataupun berpendapat, dan kesulitan dipandang sebagai sesuatu yang harus dihindari. Permasalahan efikasi diri ini ada pada peserta didik kelas XI SMK Kridawisata Bandar Lampung yang menunjukkan masih rendah. Ini terlihat dari jumlah peserta didik yang berjumlah 5 orang peserta didik yang merasa belum memiliki keyakinan diri terhadap kemampuan yang akan membuat peserta didik tidak percaya diri. Dari 5 peserta didik ini diberi bimbingan oleh guru bimbingan dan konseling melalui layanan konseling kelompok.Permasalahannya adalah Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keyakinan diri peserta didik dalam belajar?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana peran guru BK dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dengan desain penelitian study kasus (case study) yaitu studi kasus tunggal (single case study). Jenis laporan penelitian ini model ini berisi kutipan-kutipan data dalam bentuk narasi.Data dan informasi yang berbentuk narasi tersebut berasal dari teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara mendalam (Indepth Interview) dengan menggunakan pedoman wawancara, kemudian dilakukan triangulasi data sebagai keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru bimbingan dan konseling di SMK Kridawisata dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik menggunakan layanan konseling kelompok yaitu: (1) Guru BK melakukan assessment, dengan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait (2) Mempersiapkan RPL, sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Dengan melalui konseling kelompok Guru BK mampu membuat peserta didik sebelumnya tidak yakin atas kemampuan diri yang dimiliki sehingga peserta didik menjadi yakin akan kemampunnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:20
Last Modified: 11 Mar 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18440

Actions (login required)

View Item View Item