UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG

NOVELALIA, DEWI MUHRIN (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Novelalia Dewi Muhrin_1611080423.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG Oleh: Novelalia Dewi Muhrin juvenile delinquency atau kenakalan remaja merupakan kejahatan atau perilaku menyimpang yang di lakukan anak-anak muda yang melanggar hukum dan norma-norma sosial sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Bimbingan kelompok adalah salah satu cara memberikan bantuan kepada peserta didik melalui kegiatan kelompok. bimbingan kelompok bertujuan untuk mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang perwujudan tingkah laku yang lebih efektif, yakni peningkatan kemampuan berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal para siswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dalam mencegah kenakalan remaja pada pokok bagian merokok,membolos, dan berkelahi pada peserta didik di SMPN 20 Bandar Lampung. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus untuk menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Penelitian dapat melibatkan berbagai kombinasi data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi untuk membuat analisis. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui tahapan yaitu: Mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, Membaca keseluruhan data, Menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, terapkan proses coding untuk mendeskripsikan setting, Tunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan kembali dalam narasi/laporan kualitatif, Langkah terakhir dalam analisis data adalah menginterpretasi atau memaknai data. ii Berdasarkan hasil penelitian upaya Guru BK dengan menggunakan layanan Bimbingan kelompok dalam mencegah kenakalan remaja di SMPN 20 Bandar Lampung berhasil meski belum secara maksimal karena terkendala jam guru BK yang memang tidak tersedia. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa layanan Bimbingan kelompok dapat mencegah kenakalan remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:42
Last Modified: 11 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item View Item