PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI “TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN”KELAS VII MTs NURUL IMAN SEKINCAULAMPUNG BARAT

SEPTINA, HIDAYATUL MAULIDIYA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI “TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN”KELAS VII MTs NURUL IMAN SEKINCAULAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul berbasis pendektan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur‟an hadits materi toleransi dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implemnetation, dan evaluation). Data yang diperoleh akan di analisis dengan deskriptif presentase dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan bahan ajar modul berbasis pendektan saintifik pada mata pelajaran al�qur‟an hadits materi toleransi dalam kehidupan sangat layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji validasi para ahli, baik dari ahli media, ahli materi pembelajaran Al-Qur‟an hadits, maupun ahli bahasa. Hasil uji validasi oleh ahli media dengan presentase rata-rata mencapai 90,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji validasi oleh ahli materi dengan presentase rata-rata mencapai 91,2% dengan kriteria sangat layak. Dan Hasil uji validasi oleh ahli bahasa dengan presentase rata�rata mencapai 91,6% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, Pengembangan bahan ajar modul berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits ini dinyatakan menarik oleh guru dan peserta didik untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri untuk peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari respon guru dan peserta didik. Hasil rata-rata kemenarikan dari respon guru dengan presentase 84,8% dengan kriteria sangat menarik. Dan hasil rata-rata kemenarikan dari respon peserta didik dengan presentase 90,25% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul berbasis pendektan saintifik pada mata pelajaran Al�Qur‟an hadits materi toleransi dalam kehidupan layak untuk di manfaatkan dalam pembelajaran bagi guru dan peserta didik kelas VII. Kata Kunci: bahan ajar, pengembangan, Modul, Toleransi dalam kehidupan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:03
Last Modified: 10 Mar 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item View Item