PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPS DAN AIR DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

LILIS, MARDIYANA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPS DAN AIR DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Lilis Mardiyana (1711050063) (2) (1) LILIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika yaitu bagian dari taksonomi Bloom hasil revisi yang terdiri dari analyze (C4), evaluate (C5), dan create (C6) untuk mendorong peserta didik berpikir luas dan mendalam tentang materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Belitang Mulya dimana pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran langsung sehingga pembelajaran berpusat pada guru mengakibatkan peserta didik menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerapan model pembelajaran CUPs (Conceptual, Understanding, and Prosedures) dan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) ditinjau dari rasa ingin tahu siswa terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Belitang Mulya dengan teknik Claster Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model pembelajaran CUPs (Conceptual, Understanding, and Procedures), kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) , dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Hasil uji anova dua jalan dengan menggunakan aplikasi SPSS 24 diperoleh hasil bahwa hasil p�value< 0,05 pada H0A sehingga H0A ditolak, nilai p-value< 0,05 pada H0B sehingga H0B ditolak, nilai p-value> 0,05 pada H0AB sehingga H0AB diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisa dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran CUPS dan AIR terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. (2) Terdapat pengaruh rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran CUPs, model pembelajaran AIR dan rasa ingin terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. kata kunci : CUPs, AIR, rasa ingin tahu, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:38
Last Modified: 10 Mar 2022 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item