EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REGULASI EMOSI PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung)

RIA, SELVIA (2022) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REGULASI EMOSI PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIA SELVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Assertive Training merupakan salah satu teknik pendekatan perilaku yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perilaku asertif dan mengubah tingkah laku menjadi tingkah laku baru menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individual dengan teknik assertive training dapat meningkatkan kemampuan regulasi emosi peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yaitu A-B-A. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah panduan observasi digunakan pada fase baseline-1, intervensi dan fase baseline-2. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, disajikan dalam bentuk table dan grafik. Hasil menunjukkan adanya perubahan dengan penurunan perilaku tidak asertif dan meningkatnya perilaku asertif yang ditunjukkan ZW. Fase baseline-1 terlihat perilaku tidak asertif ZW meningkat. Fase intervensi saat diberi perlakuan berupa teknik assertive training menunjukkan hasil pengurangan perilaku tidak asertif dan meningkatnya perilaku asertif pada ZW. Kemudian fase Baseline-2 tanpa diberikan intervensi menunjukkan hasil yang semakin membaik. Dengan pesentase overlape sebesar 16,67%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan regulasi emosi pada peserta didik SMP Negeri 11 Bandar lampung dapat meningkat dengan menggunakan teknik Assertive Training. Kata kunci : Konseling Individual, Assertive Training, Regulasi Emosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:52
Last Modified: 10 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18376

Actions (login required)

View Item View Item