EKA, PATMI SETA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA (EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL, AND APPLICATION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa disebabkan karena adanya kecemasan dan proses pembelajaran yang digunakan guru kelas VII SMPN 1 Way Kenanga kurang mampu mengembangkan kemampuan literasi matematis, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ELPSA (Experience, language, Pictorial, Symbol, Application) terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari kecemasan belajar siswa, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Way Kenanga. Penenlitian ini merupakan penenlitian kuantitatif jenis quasy eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan materi perbandingan. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis dan angket kecemasan matematis. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Way Kenanga. Sampel dalam penenlitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ELPSA (Experience, language, Pictorial, Symbol, Application) dan kelas VII C sebagai kelas control dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) hasil yang berarti ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap kemampuan literasi matematis (2) hasil yang berarti ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh kecemasan belajar terhadap kemampuan literasi matematis (3) hasil yang berarti diterima dengan kesimpulan tidak terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran ELPSA dan kecemasan belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Berdasarkan perhitungan anava dua jalan sel tak sama telah diperoleh keputusan uji bahwa ditolak, ditolak, dan diterima, maka perlu dilakukan uji lanjut pasca anava menggunakan metode Scheffe’. Kata kunci: ELPSA (Experience, language, Pictorial, Symbol, Application), Kecemasan Belajar, Kemampuan Literasi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 03:55 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 03:55 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18374 |
Actions (login required)
View Item |