MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI PAUD NABIILAH BANDAR LAMPUNG

PRISKA, PUTRI CAHYANINDA (2022) MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI PAUD NABIILAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI priska putri cahyanida.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT COVER_BAB_1_BAB_5_DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan mengembangkan motorik halus yang melibatkan otot-otot kecil untuk melakukan berbagai keterampilan yang menggunakan tangan melalui kegiatan finger painting di PAUD Nabiilah Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Bagaimana kegiatan mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan finger painting?‖. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 15 orang di PAUD Nabiilah Bandar Lampung yang berusia 5-6 tahun. Objek penelitian ini adalah motorik halus anak melalui kegiatan finger painting. Tekhnik pengumpulan data menggunanakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penelitian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan dan wawancara menggunakan pedoman wawancara guru untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah berusaha semaksimal mungkin dengan kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Nabiilah Bandar Lampung. Dari data akhir evaluasi mengembangkan motorik halus anak dapat disimpulkan bahwa anak telah cukup berkembang hari demi harinya. Karena proses pembelajaran atau proses kegiatan belajar mengajar tidak monoton terhadap satu kegiatan, melainkan belajar sambil bermain salah satunya yaitu kegiatan finger painting yang menggunakan warna-warni sehingga anak tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga memberikan bahan lain dalam kegiatan finger painting seperti menggunakan tepung kanji dan juga pewarna makanan. Melalui kegiatan finger painting, diharapkan anak mampu: mengeksplorasi imajinasinya, memperoleh pengetahuan baru, melatih kreativitas anak, serta mengkoordinasikan gerakan tangan dan mata, serta melatih perkembangan motorik halusnya. Kata Kunci = Finger painting, Kemampuan motorik halus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:41
Last Modified: 09 Mar 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item View Item