OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY KRIPIK PISANG SOPONYONO DENGAN METODE RSM (RESPONSE SURFACE METHODOLOGY)

Dinda, Aprilia (2022) OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY KRIPIK PISANG SOPONYONO DENGAN METODE RSM (RESPONSE SURFACE METHODOLOGY). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  DINDA APRILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY KRIPIK PISANG SOPONYONO DENGAN METODE RSM (RESPONSE SURFACE METHODOLOGY) Oleh : Dinda Aprilia Perkembangan industri di Indonesia saat ini semakin pesat sehingga persaingan pun semakin ketat tidak hanya industri besar namun persaingan terjadi pada industri kecil. Hampir setiap tahunnya perkembangan industri dapat naik dengan angka yang sangat signifikan sehingganya pertambahan perusahaan-perusahaan besar maupun kecil menyebabkan tekanan pada pemilik perusahaan untuk berifikir lebih keras dalam menghasilkan sebuah produk yang berkualitas, harga terjangkau dan diminati pelanggan. Namun didalam proses produksi masih banyak perusahaan yang mengalami kendala pengalokasian sumber bahan dan pengoptimalan hasil produksi yang belum dapat mencapai hasil yang maksimal. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan yang dapat menunjang mengenai pencapaian hasil dalam produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah memaksimalkan keuntungan produksi kripik pisang home industry Soponyono. Untuk memperoleh keuntungan yang optimal maka harus diketahui titik optimum modal usaha, tenaga kerja, biaya oprasional dan volume penjualan. Metode yang digunakan yaitu metode permukaan respon atau RSM (Response Surface Methodology). Ide dasar dari metode ini adalah adalah melakukan analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk orde I dan full kuadratik untuk orde II. Hasil penelitian yang didapatkan pada kondisi optimum keuntungan produksi kripik pisang home industry Soponyono yaitu Rp 15.290.000 untuk prododuksi dalam seminggu dengan modal usaha Rp 23.890.000, biaya tenaga kerja Rp 3.000.000, biaya oprasional Rp 400.000 dan volume penjualan sebanyak 3500 kemasan. Kata kunci : Optimalisasi keuntungan, RSM (Response surface methodology)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:36
Last Modified: 09 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18343

Actions (login required)

View Item View Item