YANISSA, SA’I ROZIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan Oleh: Yanissa Sa’i Rozia Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif masih menjadi permasalan di SMA Negeri 2 Kotabumi sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create And Share terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kotabumi. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34, teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes dengan menggunakan soal uraian. Hasil uji hipotesis Multivariate Test memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,0s. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen yaitu 87% (sangat baik) sedangkan kelas kontrol yaitu 76% (baik). Hasil kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen yaitu 78% (baik) sedangkan kelas kontrol 70% (cukup). Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Search, Solve, Create, And Share (SSCS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 06:32 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 06:32 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18341 |
Actions (login required)
View Item |