ELFA, YUSTIKA DEVI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HABBITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PAGELARAN DITINJAU DARI GENDER. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Gender merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya habits of mind (HOM) peserta didik. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik laki-laki dan perempuan masih memiliki HOM yang rendah. Sehingga perlu adanya peningkatan habits of mind peserta didik, yaitu dengan menerapkan model Project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PjBL dan perbedaan gender serta interaksinya terhadap peningkatan HOM peserta didik. Metode penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMA N 1 Pagelaran, dengan sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu soal esai dan angket HOM. Teknik analisis data menggunakan uji two way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Ada pengaruh model PjBL terhadap HOM peserta didik dengan nilai p-value 0,00, 2) Ada pengaruh pengaruh peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap peningkatan kemampuan HOM dengan nilai p-value 0,01, 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran PjBL dengan gender peserta didik terhadap peningkatan kemampuan HOM peserta didik dengan nilai p-value 0,59. Model PjBL lebih baik dalam meningkatkan HOM peserta didik dan peserta didik perempuan mempunyai peningkatan HOM lebih tinggi dibandingkan peserta didik laki-laki. Kata Kunci: Gender, Habits of Mind, Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 05:43 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 05:43 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18337 |
Actions (login required)
View Item |