IMPLEMENTASI PERAN PEMERINTAH DALAM MENCEGAH PENCEMARAN LAUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung)

SAGITA, RAHMA SARI (2022) IMPLEMENTASI PERAN PEMERINTAH DALAM MENCEGAH PENCEMARAN LAUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah di pesisir Bandar Lampung menjadi masalah yang dihadapi Pemerintah Kota Bandar Lampung. Dinas Lingkungan Hidup belum berperan dengan baik dalam mencegah pencemaran laut. Hal ini ditandai dengan maraknya masyarakat yang tetap membuang sampah kelaut. Sumber sampah di pesisir berasal dari masyarakat setempat, arus laut, dan aliran sungai yang menuju pantai. Seperti contoh yang berada di pantai Sukaraja kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung yaitu memiliki dampak mengakibatkan ekosistem laut, kesehatan, dan penghasilan nelayan menurun serta sering terjadi banjir. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran Dinas Lingkungan Hidup kota Bandar Lampung dalam mencegah Pencemaran Laut, 2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Peran Dinas Lingkungan Hidup kota Bandar Lampung dalam mencegah Pencemaran Laut . Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui upaya Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dalam mengendalikan Pencemaran Laut, 2) Untuk mengetahui pandangan Fiqh Siyasah terhadap upaya pencegahan pencemaran laut yang dilakukam oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan suatu metode deskriptif kualitatif yaitu peneliti terjun kelapangan, mempelajari, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik simpulan-simpulan dari proses tersebut. Analisis data yang diperoleh dengan cara analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan metode yang bersifat deskriftif analisis dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung hanya memiliki kewenangan untuk mencegah sebelum masuknya sampah-sampah itu kelaut. Seperti sampah yang berasal dari kegiatan industri. Ditemukan Upaya Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung adalah 1) adanya izin lingkungan sebagai pencegahannya limbah cair yang harus di baku mutu terlebih dahulu, 2) Membeikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan laut, 3) Membuat papan himbauan untuk masyarakat tentang larangan membuang sampah ke sungai yang akan bersarang di laut. Tinjauan fiqh siyasah terhadap upaya Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dalam pencegahan pencemaran laut sudah sesuai dengan syariat islam, karena manusia sebagai khalifah dibumi iii memiliki tanggung jawab dengan sesama makhluk hidup dan seluruh alam termasuk menjaga kelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:36
Last Modified: 08 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item